Materi Pembelajaran: Menyusun Judul Penelitian dengan RMC (Research Model Canvas)
A. Pengantar
Research Model Canvas (RMC) adalah sebuah alat perencanaan penelitian yang dirancang untuk membantu mahasiswa menyusun kerangka penelitian secara sederhana, terstruktur, dan jelas. Konsep ini diadaptasi dari model bisnis (Business Model Canvas), kemudian dikembangkan oleh Dr. Ginanjar Rahmawan agar dapat digunakan dalam bidang penelitian.
RMC berfungsi sebagai peta penelitian yang memuat elemen-elemen penting seperti: Topik, Masalah/GAP, Tujuan, Teori, Kebaruan, dan Metode. Dengan menggunakan RMC, mahasiswa dapat melihat gambaran besar penelitian hanya dalam satu lembar kerja. Hal ini membuat proses perumusan judul, perancangan penelitian, hingga komunikasi ide penelitian kepada dosen pembimbing menjadi lebih mudah.
Bagi mahasiswa S1, RMC memiliki peran penting karena:
1. Membantu menemukan fokus penelitian – dari topik yang luas menjadi lebih spesifik.
2. Menghindari kebingungan – semua elemen penelitian sudah tertulis dengan jelas.
3. Memastikan ada kebaruan (novelty) – penelitian tidak sekadar mengulang penelitian lama.
4. Menyusun judul penelitian yang tepat – judul dapat lahir secara alami dari hubungan antara topik, masalah, tujuan, teori, kebaruan, dan metode.
Dengan kata lain, RMC adalah alat navigasi yang memandu mahasiswa dalam perjalanan penelitian, mulai dari ide awal hingga menjadi judul penelitian yang siap dikaji lebih dalam.
![]() |
Gambar: Form RMC (Research Model Canvas) |
B. Komponen RMC
Berikut elemen-elemen yang harus ada pada RMC:
C. Langkah-Langkah Menyusun Judul Penelitian dengan RMC
Tahapan cara menggunakan RMC agar kamu menghasilkan judul penelitian yang kuat:
- Menentukan Topik
- Identifikasi minat kamu, keahlian dosen pembimbing, dan isu terkini di bidang studi.
- Pastikan
topik punya literatur cukup.
- Mengamati Masalah / Gap
- Lakukan literatur review: baca jurnal-jurnal terbaru, skripsi sebelumnya.
- Cari hal-hal yang belum dibahas atau kurang dalam penelitian yang sudah ada.
- Rumuskan
masalah/gap secara spesifik.
- Merumuskan Tujuan
- Menulis Teori
- Merancang Kebaruan
- Apa yang berbeda dalam penelitianmu dibanding penelitian sebelumnya?
- Bisa
dari segi subjek, konteks (lokasi), variabel, pendekatan metode, atau
kombinasinya.
- Memilih Metode
- Tentukan apakah penelitianmu kuantitatif, kualitatif, atau campuran.
- Jelaskan
desain, populasi & sampel, teknik pengumpulan data, dan bagaimana
menganalisis data.
- Menyusun Judul Penelitian
D. Contoh‐Penyesuaian untuk Mahasiswa S1 di Bidang Pembelajaran
Berikut beberapa contoh adaptasi, berdasarkan RMC, untuk mahasiswa S1 di bidang pembelajaran:
Jenis Penelitian |
Contoh RMC |
Contoh Judul |
Kualitatif |
Topik: Pembelajaran kolaboratif |
“Interaksi dalam Pembelajaran Kolaboratif dan Pengaruhnya terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa S1 pada Kelas Daring di Jurusan X” |
Kuantitatif |
Topik: Penggunaan video pembelajaran |
“Pengaruh Video Pembelajaran Interaktif terhadap Motivasi Belajar Bahasa Asing Mahasiswa S1 di Jurusan Y: Studi Eksperimen” |
Research & Development (R&D) |
Topik: Pengembangan modul pembelajaran |
“Pengembangan Modul Praktikum Virtual dengan Simulasi Interaktif untuk Mendukung Pembelajaran Praktikum di Jurusan Z bagi Mahasiswa S1” |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar